img.emoticon { padding: 0; margin: 0; border: 0; }]]
Sharing dengan blog yuuuk ... Berbagi itu indah ... Berbagi itu membawa berkah ...

Minggu, 16 Januari 2011

Tari Pambatagan Tari Banjar


A.    Nama tarian
Tari Pambatangan

B.     Nama tempat atau keadaan lingkungan dimana tari tersebut ada
Tari Pambatangan merupakan sebuah tarian yang berasal dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Banjarmasin terkenal sebagai kota seribu sungai. Oleh karena itulah,  banyak sungainya  yang dapat dijadikan sebagai jalan (transport) dari suatu daerah ke daerah lainnya.  Misalnya dari Hulu Sungai ke Banjarmasin. Tari ini berhubungan dengan salah satu pekerjaan, yaitu pambatang.

C.     Klasifikasi tari
Tari Pambatangan berfungsi sebagai hiburan atau tontonan biasa. Dalam hal ini, tari pambatangan di tampilkan pada acara perpisahan siswa-siswi kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah.

D.    Arti, tema atau cerita tarinya
Untuk lebih memahami mengenai tema tari pambatangan, alangkah baiknya jika saya menuliskan terlebih dahulu lagunya. Lagu ini berjudul pembatangan yang diciptakan oleh NN.
Matan di hulu
Mambawa rakit bagandingan
Bahanyut matan di udik Barito
Awal hari baganti minggu
Siang dan malam
Waktu hari baganti hari
Istilah urang mancari rajaki
Kada talapas lawan gawi
Reff: Panas hujan kada manjadi papantangan
Kada hiran tatap dirasaakan
Mananjak batang sambil barami-ramian
Akhirnya sampai ka tujuan
Inilah nasib manjadi urang pambatangan
Lamun nasib sudah ditantuakan
Insya Allah ada harapan

Tari pambatangan merupakan tari yang diadaptasi melalui lagu pambatangan yang menceritakan tentang semangat seorang anak desa, yakni seorang anak desa yang bekerja, mencari uang untuk penghidupannya dengan membawa batang-batang pohon melalui sungai. Batang-batang pohon yang besar tersebut berasal dari udik Barito (Hulu Sungai, red. Barabai, Kandangan, dll) yang digulingkan ke sungai kemudian diikat menjadi satu (seperti lanting, tetapi batang pohon) sehingga diatasnya bisa ditumpangi oleh empunya kayu. Kemudian, untuk menjalankan batang-batang itu  anak desa tersebut menanjaknya (seperti mengayuh, hanya saja kayuhannya lebih mendalam sehingga mencapai dasar sungai). Batang-batang dibawa melalu sungai menuju Banjarmasin tanpa perduli hujan dan panas, siang dan malam, bahkan berhari-hari hingga berminggu-minggu. Semua itu tidak menjadi alasan untuknya malas bekerja, mereka berusaha untuk menikmatinya dan bersama-sama terus mananjak batang itu hingga akhirnya sampai ke tujuan (kota Banjarmasin). Meskipun susah payah mencari rezeki, namun anak desa tetap optimis karena nasib manusia sudah diaturkan olah Maha Pencipta sehingga masih ada harapan jika tetap mau berusaha. Biasanyan batang-batang kayu itu di jual di Banjarmasin, apabila di bawa ke pabrik kayu maka akan akan diolah menjadi pliot atau triplek, apabila di bawa ke wantilan atau penggergajian kayu maka akan diolah menjadi papan, kasau (pandalan atap rumah) dan ri’ing (untuk pandalan atap seng rumah) serta masih banyak lagi manfaat dari batang-batang kayu tersebut.

E.     Pencipta tari
Tari ini dicipta sendiri oleh Risyatul Azkia, dalam rangka penampilan tari pada acara perpisahan siswa-siswi kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah.



F.      Para penari atau pemusiknya
Para penarinya adalah siswa-siswi kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah, disertai dengan musik pambatangan.

G.    Gambaran interaksi atau komunikasi antar pendukung tari, pemusik, penonton, atau masyarakat secara luas
Dalam tarian ini belum diadakan interaksi antara penari dengan penonton, karena hanya sebatas tarian hiburan.

H.    Bentuk geraknya
Ketika musik dibunyikan penari laki-laki dan perempuan mulai memasuki panggung dari arah yang berlawanan, ketika syair di bait pertama dinyanyikan “matan dihulu”  posisi pertama dimulai dengan posisi duduk bersimpuh (seperti tasyahud awal), penari sejajar menghadap ke kanan panggung, gerakan pertama adalah semua penari mencondongkan badan ke depan dan kedua tangan diluruskan ke belakang, gerakan kedua adalah semua penari menarik badan ke belakang dan kedua tangan diangkat ke atas sampai sejajar dengan wajah sambil melakukan posisi ukel (tangan diputar dan dilentikkan ke atas). Gerakan ini terus dilakukan secara berulang-ulang hingga syair “awal hari baganti minggu”.
Ketika syair di bait kedua dinyanyikan “siang dan malam”, posisi penari berpindah dari yang tadi duduk menjadi berdiri menghadap penonton dengan formasi  satu baris kebelakang (ketika membentuk posisi ini, kedua tangan penari mengambil kedua kipas yang telah disematkan di belakang pinggang masing-masing). Gerakannya adalah penari yang paling depan  melangkahkan kakinya satu langkah ke kanan, badan dimiringkan kekiri sehingga bisa menengok penari di belakang,tangan kiri diangkat keatas sambil melakukan posisi ukel dengan kipas dan tangan kanan dibawah  sambil melakukan posisi ukel dengan kipas. Hal serupa juga dilakukan oleh penari yang berada dibelakang penari pertama secara berlawanan, gerakan ini dilakukan secara berpasang-pasangan dan terus menerus sesuai irama sampai syair “kada tapalas lawan gawi”.
Ketika Reff lagu, yakni pada syair “panas hujan kada manjadi papantangan” posisi diubah menjadi bentuk lingkaran kecil, diawali oleh penari pertama yang berjalan membentuk lingkaran dan diiringi oleh penari kedua dan penari-penari lainnya, mereka terus berjalan sesuai irama dengan posisi lingkaran kecil. Dan pada waktu ketika perpindahan formasi itu juga, kipas yang digunakan pada gerakan sebelumnya disematkan kembali ke belakang pinggang  setelah itu langsung melakukan gerakan kedua tangan angkat ke atas hingga tepat di atas kepala (seperti gerakan melindungi wajah dari terik matahari) kemudian diayunkan kebelakang sampai ke pinggang, gerakan ini terus diulang penari sampai syair “akhirnya sampai ka tujuan”.
Ketika syair “inilah nasib manjadi urang pambatangan” dinyanyikan, penari pertama mengubah posisi diikuti oleh penari yang lain menjadi satu berjajar menghadap penonton pada saat itu gerakan kedua tangan berada tepat didada penari sambil menangkupkan keduanya dan melakukan gerakan tangan maju mundur sesuai irama. Setelah berjajar rapi, gerakan badan dicondongkan ke kanan dan ke kiri secara bersamaan sampai syair terakhir“insya Allah ada harapan”. Setelah lagu selesai, penari pertama memberikan kode. Kode pertama untuk mengucapkan salam, kode kedua untuk berbalik badan secara serentak ke arah kanan panggung, dan kode ketiga untuk meninggalkan panggung secara tertib.

I.       Bentuk gerak tari pambatangan
Penjelasan mengenai gerakan inti:
1.)    Ketika syair di bait pertama dinyanyikan “matan dihulu”  posisi pertama dimulai dengan posisi duduk bersimpuh (seperti tasyahud awal), penari sejajar menghadap ke kanan panggung, gerakan pertama adalah gerakan tangan yang dikombinasikan dengan gerakan badan, yakni semua penari mencondongkan badan ke depan dan kedua tangan diluruskan ke belakang, gerakan kedua adalah semua penari menarik badan ke belakang dan kedua tangan diangkat ke atas sampai sejajar dengan wajah sambil melakukan posisi ukel (tangan diputar dan dilentikkan ke atas). Gerakan ini terus dilakukan secara berulang-ulang hingga syair “awal hari baganti minggu”.
2.)    Ketika syair “siang dan malam”, gerakan selanjutnya  adalah penari yang paling depan  melangkahkan kakinya satu langkah ke kanan, badan dimiringkan kekiri sehingga bisa menengok penari di belakang,tangan kiri diangkat keatas sambil melakukan posisi ukel dengan kipas dan tangan kanan dibawah  sambil melakukan posisi ukel dengan kipas. Gerakan ini berfokus pada gerakan kombinasi antara keserasian gerakan kaki, tangan, dan badan. Sampai syair “kada talapas lawan gawi”.
3.)    Ketika reff, yakni syair “panas hujan kada manjadi papantangan”, gerakan selanjutnya adalah kedua tangan angkat ke atas hingga tepat di atas kepala (seperti gerakan melindungi wajah dari terik matahari) kemudian diayunkan kebelakang sampai ke pinggang, gerakan ini terus diulang penari sampai syair “akhirnya sampai ka tujuan”. Pada gerakan ini berfokus pada keserasian kaki (berjalan) dan gerakan tangn terhadap irama.
4.)    Ketika syair “inilah nasib manjadi urang pambatangan” dinyanyikan, penari pertama mengubah posisi diikuti oleh penari yang lain menjadi satu berjajar menghadap penonton pada saat itu gerakan kedua tangan berada tepat didada penari sambil menangkupkan keduanya dan melakukan gerakan tangan maju mundur sesuai irama. Gerakan ini termasuk mudah, karena hanya berfokus di tangan (maju-mundur tangan).

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam tarian pambatangan:
1.)    Pada gerakan kedua, yang mengambil dan mengembalikan kipas ke bagian belakang pinggang harus lebih diperhatikan, gerakan ini termasuk gerak yang sedikit sulit karena membutuhkan ketepatan,  kecepatan dan keserasian.
2.)    Pada saat mengganti formasi, gerakan kaki harus lebih diperhatikan agar tampak keserasian gerakan dan tak lupa pula gerakan tangan juga tetap diperhatikan. Hal ini bisa terbilang cukup sulit, karena mengkombinasikan 2-3 gerakan sekaligus sehingga membutuhkan keuletan penari untuk terus berlatih sampai menemukan keserasian gerakan dan irama lagunya.
3.)    Karena formasi yang berganti-ganti, maka keadaan panggung harus disesuaikan dengan tarian (keleluasaan dalam menari).

J.       Rias dan busananya
Untuk penampilan ini, riasan wajah penari laki-laki dan penari perempuan sama. Yang membedakan hanya di tampilan busana. Untuk penari laki-laki, memakai celana putih panjang dan kaos putih tangan pendek, dibagian pinggang dililitkan sarung dari pinggang sampai lutut(seperti pakaian adat banjar) tanpa alas kaki, bagian kepala dililitkan kain segitiga (sehingga membentuk seperti penutup kepala pada pakaian adat banjar). Untuk penari perempuan, memakai rok yang terbuat dari kain sarung perempuan (rok “canda”, yang melebar kebawah), baju putih lengan panjang, tanpa alas kaki, bagian kepala juga ditutup sarung warna senada dengan rok (seperti perempuan desa yang mau ke sawah).

K.    Properti yang digunakan
Pada tarian ini menggunakan kipas sebagai propertinya. Setiap penari menggunakan dua kipas dalam tari pambatangan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar