img.emoticon { padding: 0; margin: 0; border: 0; }]]
Sharing dengan blog yuuuk ... Berbagi itu indah ... Berbagi itu membawa berkah ...

Sabtu, 08 Januari 2011

SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA

A.  Sumber energi
     Sumber energi berasal dari bahan bakar, baterai, listrik. Bahan bakar meliputi gas, bensin, minyak tanah, solar. Sumber energi digunakan untuk menghasilkan panas, bunyi, cahaya. Misalnya saja dalam panas kompor, setrika, dispenser. Dalam bunyi misalnya radio, televisi, jam beker. Dalam cahaya misalnya lampu, lilin, senter.

B.  Menggunakan Sumber Energi
Energi yang sering kita gunakan adalah energi listrik. Cara menggunakan listrik sangatlah mudah, cukup dihubungkan dengan sumber listrik yaitu stop kontak. Listrik digunakan untuk menhidupkan radio, televisi, lampu, setrika, mesin pompa air, dan lain-lain. Sumber energi yang juga digunakan adalah baterai karena baterai mudah dibawa ke segala tempat. Sumber energi lain yang digunakan adalah minyak tanah, gas, bensin, dan solar. Minyak tanah digunakan pada lampu sumbu dan kompor minyak tanah. Sumber energi yang paling banyak digunakan di  gunakan di jalan adalah bensin dan solar. Bensin dan solar mudah terbakar dan menghasilkan panas tinggi.
 Kita menggunakan sumber energi untuk berbagai tujuan.
      Energi digunakan untuk membuat alat bekerja. Alat yang bekerja akan menghasilkan panas, bunyi, cahaya.
1.    Menghasilkan panas 
Ada berbagai alat yang menghasilkan panas. Misalnya kompor, setrika, pemanggang roti, dan dispenser. Untuk menghasilkan panas, alat ini mengunakan sumber energi. Kompor menghasilkan panas untuk memasak. Jenis kompor menunjukkan jenis sumber energi yang digunakan. Kompor gas mendapatkan energi dari gas. Kompor minyak tanah mendapat energi dari minyak tanah. Kompor listrik mendapat energi dari listrik. Gas, minyak tanah, dan listrik adalah sumber energi.
Berbagai alat pemanas menggunakan energi listrik misalnya setrika, pemanggang roti, dan dispenser. Panas dari setrika digunakan untuk melicinkan pakaian. Pemanggang roti digunakan untuk memanggang roti. Dispenser digunakan untuk memanaskan dan mendinginkan air minum.
Alat yang menghasilkan panas antara lain kompor, setrika, pemanggang roti, dan dispenser.
2.    Menghasilkan Bunyi
Ada berbagai alat yang menghasilkan bunyi, misalnya radio mendapat energi dari listrik dan baterai. Jam beker dapat mengeluarkan bunyi, jam beker berbunyi saat menunjukkan waktu yang disetel. Televisi mengeluarkan bunyi dan cahaya. Kebanyakan televisi menggunakan energi listrik.Televisi membutuhkan energi lebih besar dari pada radio.
Alat yang menghasilkan bunyi antara lain radio, jam beker,dan televisi.
3.    Menghasilkan cahaya
Alat yang digunakan untuk menghasilkan cahaya adalah lilin dan lampu.lilin menyala terang jika sumbunya dibakar.sumber energi lilin berasal dari lilin itu sendiri lilin akan terbakar habis.

C. Menghemat Energi
Kita menggunakan sumber energi setiap hari. Sumber energi itu tdak digunakan secara gratis. Misalnya orang tuamu harus membayar listrik setiap bulan. Semakin besar energi listrik yang digunakan, semakin mahal biayanya. Oleh karena itu, kalian harus membantu orang tua, yaitu dengan menghemat penggunaan alat listrik. Misalnya tidak menghidupkan televise terus menerus.

D.    Keterampilan Proses dan Metode Pembelajaran
Ada berbagai macam keterampilan proses dalam pembelajaran IPA, diantaranya keterampilan meneliti, keterampilan berpikir, keterampilan mendengar, keterampilan bertanya, keterampilan menganalisis, keterampilan mengamati, keterampilan mengklasifikasikan dan sebagainya. Dalam pembelajaran IPA di kelas II dengan materi “Sumber Energi dan Kegunaannya” kami ingin memunculkan keterampilan proses berpikir pada anak, dengan begitu tentunya keterampilan proses yang lain secara tidak langsung juga akan tercapai, seperti keterampilan mengamati, keterampilan mendengar, keterampilan bertanya (akibat rasa keingintahuan anak dari proses berpikir sebelumnya), dan keterampilan menganalisis. Adapun berbagai macam metode yang bisa dipakai dalam pembelajaran ini, diantaranya: metode demonstrasi, metode diskusi, metode tanya jawab, dan metode ceramah.
Agar dapat mencapai keterampilan proses yang diinginkan dengan materi ‘Sumber Energi dan Kegunaannya’, kami menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri, yakni suatu rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Diawal pembelajaran, kami mendemonstrasikan beberapa alat elektronik yang dikenal baik oleh anak, baik yang bersumber pada listrik (seperti: setrika, kipas angin) maupun pada baterai seperti (lampu senter), setelah itu mengadakan diskusi dan tanya jawab terkait pendalaman materi serta diakhir bisa menggunakan metode ceramah sebagai penguatan dan tak lupa pula diadakan evaluasi untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa.

E.     Kesimpulan
1.      Sumber energi dirumah didapat dari listrik, baterai, gas, dan minyak tanah.
2.      Energy digunakan untuk menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya.
3.      Contoh alat yang menghasilkan panas: kompor, setrika, dan dispenser.
4.      Sumber energi panas didapat dari listrik, gas, dan minyak tanah.
5.      Contoh alat yang menghasilkan bunyi: radio dan televise.
6.      Sumber energy bunyi didapat dari listrik dan baterai.
7.      Contoh alat yang menghasilkan cahaya: lilin, lampu sumbu, lampu listrik, dan senter.
8.      Sumber energi cahaya didapat dari listirk, minyak tanah, dan baterai.
9.      Sumber energi yang paling banyak digunakan dirumah adalah listrik.
10.  Penggunaan listrik cukup mudah dan tidak mengotori lingkungan.
11.  Sumber energi yang paling banyak digunakan dijalan adalah bensin dan solar.
12.  Kita harus menghemat energi untuk menghemat biaya.
                                                                                                          


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar